Cara Masuk ke BIOS dengan  Mudah

aldeiaparatii.com – Anda yang membutuhkan untuk mengubah urutan suatu pemuatan di perangkat laptop atau komputer atau untuk mengatur hal lain seperti atur ulang jam sistem. Anda bisa menggunakan BIOS atau UEFI (UEFI menjadi versi terbaru BIOS sekarang) adalah salah satu platform yang dapat Anda gunakan dan tepat. BIOS memiliki fungsi dalam mengendalikan semua fungsi yang ada di komputer di tingkat rendah. 

Anda harus mengakses BIOS ini jika berniat melakukan perubahan seperti itu. Untuk pengaksesan ini dalam setiap perangkat memiliki perbedaan namun metode yang digunakan sebagai dasar masih sama. Artikel ini akan memberikan Anda pengetahuan baru mengenai cara akses ke BIOS di PC atau laptop

Cara  Dalam Windows 10 

  1. Buka pengaturan di laptop “settings”

Temukan menu ini pada menu di bagian “start” jika tidak ketik “settings” pada kolom pencairan bagian ujung kiri layar awal. Agar Anda masuk pada BIOS jalankan ulang komputer yang Anda pakai. Pekerjaan Anda simpan dan tutup program lain yang sedang dibuka sebelum melanjutkan pada tahap lain. 

  1. Pilih menu “update & security” jajaran kedua bawah yang bertanda dua panah saling melengkung. 
  2. Tampilan berubah, pilih “recovery” di tab kolom kiri urutan ke empat. 
  3. Pilih “restart now” di bagian advanced startup untuk menemukannya lihat tampilan kanan atau perlu Anda geser layar agar menu ini muncul. 
  4. Pilih troubleshoot pada choose an option 
  5. Pilih UEFI firmware settings pada urutan kedua tampilan. Jika tampilan tidak ada, Anda bisa menggunakan metode lain.
  6. Pilih restart di kiri. Dengan memilih ini, maka komputer Anda akan dijalankan ulang kemudian  BIOS/UEFI dimuat setelahnya. Saat tampilan UEFI/BIOS muncul maka gunakan cursor untuk mengalihkan dalam pengaturan lain. 

Cara untuk windows 8 dan 8.1 

  1. Buka menu “charms” untuk membuka Anda geserkan kursor ke ujung kanan bawah di tampilan awal. Agar bisa dijalankan, Anda harus menjalankan ulang PC. Tutup dulu program dan simpan pekerjaan Anda untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya. 
  2. Pilih “settings” 
  3. Pilih opsi pada “change PC settings” 
  4. Pilih “update & recovery” jika saat ini Anda menggunakan windows 8 dan belum update ke windows 8.1 maka pilih “general” 
  5. Pilih ke “recovery” untuk windows 8.1 
  6. Pilih di “trouble shoot” di opsi ketiga. 
  7. Pilih “advanced options” 
  8. Setelah berubah layar tampilan, pilih untuk “UEFI firmware settings” pilih untuk restart dan komputer akan restart atau dijalankan kembali dan BIOS dimuat setelahnya. Pilih pengaturan yang akan dilakukan. 

 

Setup Key, Tombol Pengaturan Awal 

  1. Tekan setup dengan berulang berkali-kali. Jika sudah ada logo komputer klik tombol berdasarkan petunjuk di layar. Tombol yang diklik biasanya akan berbeda tergantung pada setiap komputer. Tekan terus sampai Anda bisa akses BIOS. 
  2. Atur BIOS. Setelah dapat diakses, Anda langsung atur saja BIOS sesuai dengan kebutuhan. 

Baca Juga : Mengatasi Corel Draw X7 Tidak Bisa Save Karena Terdeteksi Sweaping

 

Dengan mengeahui tiga cara yang dapat Anda lakukan untuk akses BIOS pada laptop atau komputer di atas, maka Anda akan lebih mudah dalam menerapkannya.