Cara Membuat Baju Tie Dye

aldeiaparatii.com – Apakah Anda memiliki baju yang warnanya sudah mulai kusam namun masih suka memakainya?. Tak perlu khawatir jika ingin terus memakainya karena kini telah ada cara ampuh untuk membuat baju tersebut jadi lebih keren tampilannya. Bagaimana caranya?. Ya, kami rekomendasikan Anda untuk melakukan tie dye pada baju tersebut untuk memberikan sentuhan baru lagi.

Lantas, bagaimana cara membuat baju tie dye?. Apabila Anda penasaran, silakan simak penjelasan lengkapnya pada artikel informatif ini. Selamat membaca!

Apa Itu Tie Dye?

Tie dye atau jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia berarti “Pewarna ikat” merupakan teknik pewarnaan kain atau pakaian dengan cara melipat, memutar, serta mengerutkan kainnya untuk kemudian diikat dengan tali atau karet gelang. Diketahui juga bahwa metode pewarnaan ini telah ditemukan pada pertengahan tahun 1960-an di Amerika Serikat. Rupanya sudah cukup lama, ya.

Alat dan Bahan untuk Membuat Baju Tie Dye

Sebelum mulai melakukan proses tie-dyeing, siapkanlah beberapa alat dan bahan berikut ini.

  1. Baju atau pakaian yang berbahan katun serta berwarna gelap
  2. Handuk bekas atau kain lap
  3. Sarung tangan karet tebal
  4. Karet gelang
  5. Cairan pemutih kain
  6. Detergen pakaian
  7. Air bersih
  8. Botol semprot
  9. Gantungan (Hanger)

Cara Membuat Tie Dye dengan Pemutih

  1. Kenakan sarung tangan karet tebal terlebih dahulu sebelum mulai bekerja.
  2. Bentangkan handuk bekas atau kain lap di permukaan lantai/tanah atau meja kerja.
  3. Buatlah desain pewarnaan sesuai keinginan, bisa dengan memelintir kain mengikuti pola tertentu, memutar pakaian untuk membuat pola spiral, atau bahkan membuat sejumlah bulatan ikatan pada kain. Silakan berkreasi sesuka hati, namun pastikan desain polanya harus terikat oleh karet gelang agar tidak terlepas saat proses selanjutnya nanti.
  4. Semprotkan cairan pemutih ke permukaan kain yang diletakkan di atas handuk atau kain lap. Cairan ini dibuat dengan mencampurkan ½ bagian cairan pemutih serta ½ bagian air ke dalam botol semprot.
  5. Diamkan proses penyemprotan tersebut selama 8-10 menit untuk mengubah warna kainnya.
  6. Jika Anda ingin memberikan efek gradasi, cobalah mencelupkan pakaian pada campuran pemutih dalam sebuah ember ataupun bak. Caranya adalah dengan mencampurkan ½ bagian pemutih dan ½ bagian air ke dalam ember, lalu celupkan beberapa centimeter pakaian terbawah ke dalam ember. Kemudian, diamkan selama antara 5-10 menit agar efek gradasi bisa terbentuk.
  7. Setelah itu, cucilah pakaian menggunakan detergen sesegera mungkin untuk menghentikan proses pemutihan kainnya secara kimiawi. Jika mencucinya dengan tangan, gunakanlah sarung tangan agar kulit itdak bersentuhan langsung dengan zat kimia.
  8. Keringkan pakaian dengan menggantungnya menggunakan hanger. Bila ingin cepat kering, silakan gunakan bantuan mesin pengering.
  9. Baju siap dikenakan!

Catatan: tutorial ini digunakan hanya untuk pakaian yang berwarna gelap saja karena menggunakan cairan pemutih. Apabila Anda ingin mengubah warna putih jadi warna-warna lain, silakan gunakan bantuan bahan pewarna kain yang tersedia di pasaran, lalu melakukan langkah-langkah tie-dyeing yang kurang lebih sama seperti di atas.

Baca Juga : Beberapa Cara Membuat Brosur di Ms Word

Baiklah, sekian informasi mengenai cara membuat baju tie dye dengan bantuan pemutih yang mudah serta anti gagal. Bagaimana, apakah Anda sudah siap membuatnya sendiri?. Selamat berkreasi dan semoga berhasil!