Origami: Kincir-Kincir Angin Warna-Warni

aldeiaparatii – Kerajinan tak lekang oleh waktu karena akan membuat kreativitas meningkat. Apalagi dilakukan bersama anak-anak kecil seperti di sekolah Paud, TK, atau SD melatih keterampilan anak-anak. Salah satu prakarya yang mudah dibuat yaitu kincir angin.

Cara membuat kincir angin ini cukup mudah karena hanya menggunakan bahan dasar origami. Dengan begitu, bisa dibuat secara warna-warni sesuai kesukaan bahkan bisa dikombinasi antara satu warna bersama warna lainnya. 

Pembuatan Kerajinan Kincir 

Bahan dasar yang digunakan cukup menggunakan origami, gunting, pensil, serta penggaris untuk menyelesaikan proses prakaryanya. Siapkan juga bambu untuk memasangnya supaya dapat berdiri serta berputar jika terkena angin. Membuatnya bersama anak-anak pasti terasa menyenangkan.

Berikut adalah cara untuk membuat karya kincir berkualitas.

  1. Membuat Guntingan dan Hiasan Kertas Origami

Siapkan satu lembar origami dengan ukuran 17,5 x 17,5 cm kemudian bagi menjadi empat buah persegi sama panjang dengan menggunakan penggaris dan pensil. Bagian tengahnya harus memiliki ukuran 8,75 cm. Warnalah setiap persegi memakai warna berbeda-beda agar terlihat menarik.

Caranya dengan menggunting origami warna berbeda dan tempelkan. Atau bisa menggunakan spidol atau pewarna. Selain itu, Anda bisa memberikan hiasan lainnya berupa gambar, kertas alumunium, atau lainnya.

  1. Buat Rangkanya

Membuat rangkanya cukup mudah setelah Anda membuat desain yang menarik. Tahapannya dimulai dengan memastikan kertas telah kokoh terpasang atau tidak lembek sehingga kuat saat dirangkai. Jangan lupa untuk memastikan supaya benar-benar kering jika menggunakan lem atau cat air.

Gambar 4 garis diagonal memakai pensil serta penggaris menuju ke bagian tengah agar mudah menyeimbangkannya. Jika dirasa kerepotan maka dapat langsung melipat saja kertas diagonal pada kedua sisi bergantian ke arah tengah.

Jika sudah, maka guntinglah garis diagonal tersebut pada masing-masing persegi namun jangan terlalu ke tengah atau sisakan jarak kurang lebih 3 cm dari pusatnya. Tandailah setiap potongan diagonal tersebut dengan huruf agar kentara sehingga satu segitiga memiliki satu huruf sebagai tandanya. 

  1. Lubangi Kertas, Pasangkan Pada Tiang

Tahap terakhirnya yaitu rangkailah rangka hingga menjadi karya sebenarnya. Caranya yaitu dengan melubangi bagian tengah kerangka. Ambillah sisi A, B, C, dan D menuju ke arah tengah kertas kemudian tahan menggunakan jari. Lipatan harus saling bertumpuan menjadi satu.

Masukkan jarum ke bagian pad di tengah-tengah lipatan kertas secara kuat agar tidak terlepas. Jika sudah terlubangi maka gantilah menggunakan jarum pentul  dan manik kecil pada ujung jarum sedikit longgar agar bisa berputar.

Ambillah kayu untuk tiangnya, potong runcing pada bagian ujungnya. Anda bisa mengecat kayu tersebut agar lebih menarik dan menyerasikan warna badan. Tekan jarum pentul ke ujung tiang dan tekanlah manik agar tak terlepas. Pukul jarum hingga menembus kayu kemudian bengkokkan di belakang kayu, pastikan jarum tersebut cukup longgar agar bisa berputar.

Baca Juga : Tata Cara Sholat Dhuha, Bacaan serta Keutamaannya

Pasangkan karya di outdoor sehingga mendapatkan angin yang cukup. Kemudian, cara membuat kincir angin sudah selesai. Anda bisa menikmati hasil percobaan membuat karya kincir angin. Pandangilah dengan bangga karena barang mengesankan merupakan hasil kerja keras.